Tradisi Kebudayaan Kalimantan Barat

Repoblik.id-Budaya . Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Borneo, Kalimantan. Provinsi yang dijulu...

Repoblik.id-Budaya. Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di pulau Borneo, Kalimantan. Provinsi yang dijuluki sebagai Provinsi seribu sungai ini menyimpan banyak keunikan selain dari mobilisasi masyarakat utamanya daerah pelosok menggunakan perahu, juga terkenal dengan tradisi kebudayaan yang kerap mengundang perhatian wisatawan.

Berikut beberapa tradisi Kebudayaann di Kalimantan Barat

1. Tradisi Meriam Karbit

Tradisi Meriam karbit

Salah satu tradisi yang kini menjadi obyek wisata ialah trdisi meriam karbit. Berbeda dengan meriam pada umumnya, Tradisi yang dilaksanakan di Pontianak ini merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan saat malam menjelang lebaran.

Meriam yang digunakan berbahan kayu yang dilubang di tengahnya dengan menggabungkan dua batang pohon yang diikat menggunakan sabuk. Ukuran diameter meriam dapat mencapai 50 centimeter.

Sejarah Tradisi Meriam Karbit

Tradisi Meriam karbit ini tidak lepas dari asal usul naman pontianak itu sendiri. Dahulunya Pontianak berupa hutan belantara dan semak belukar yang berada simpang tiga sungai, yaitu sungai Landak, sungai Kapuas, dan sungai Kapuas Kecil.

pontianak

Hutan ini kemudian dibabat sebagai lahan tempat tinggal oleh kerajaan Melayu yang saat itu dipimpin oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada tahun  1771 Masehi.

Saat proses membuka lahan dan menebang banyak pohon pada hutan tersebut, masyarakat kerap diganggu oleh mahluk ghaib bersosok kuntilanak, walhasil para pekerja berhenti dan pulang karena takut kerap mendengar suara tawa kuntilanak.

Syarif Abdurrahman Alkadrie kemudian berinisiatif dengan membuat meriam untuk mengusir kuntilanak tersebut. Setiap mendengar suara kuntilanak, meriam diarahkan ke sumber suara dan diledakkan.

Alhasil upaya ini berhasil, saura kuntilanak tidak pernah lagi terdengar, jika pun kemudian terdengar kembali meriam selalu disiagakan hingga akhirnya lambat laun kuntilanak tidak pernah menampakan diri lagi.

Sejak saat itu kemudian Syarif Abdurrahman Alkadrie menamakan kota tersebut sebagai Pontianak yang kini menjadi ibukota dari Kalimantan Barat.

2. Naik Dango atau Gawai Dayak


Naik Dango atau disebut juga Gawai Dayak merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sebagai rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah. Upacara Naik Dango merupakan perwujudan dari rasa syukur kepada Nek Jabata atau Sang Pencipta yang telah memberikan hasil panen yang melimpah, dan mengharapkan hasil panen yang lebih baik dan melimpah pada tahun berikutnya.

Proses Tradisi Naik Dango

Naik dango dikutioleh Masyarakat suku dayak yang bercocok tani atau berkebun, masing masing kepala keluarga membawa satu ikat bibit padi dan menyimpannya di dalam dango (lumbung padi), padi ini nantinya akan ditanam bersama saat upacara tradisi naik dango selesai dan sisanya disimpan untuk masa paceklik.

Proses tradisi terdiri dari 4 tahap di antaranya:

1. Berjuluk Batutuk

Yaitu kegiatan menumbuk padi sehingga didapatkan beras dan tepung beras. Hasil ini yang kemudian nantinya akan digunakan untuk makan bersama dan sesaji.


2. Matik

Matik merupakan acara yang dilaksanakan setelah Berjuluk Batutuk, acara matik digelar dengan menggelar doa kepada Nek Jabata atau Sang Pencipta agar Naik Dango diberkati.

Pada acara matik ini juga disuguhkan beberapa cucur putih (Tumpi Sunguh) Ketan masak dalam ruas bambu (Solekng Poe) hingga Sirih masak, daun sirih, rokok dan daun sirih.

3. Nyangahathn

Nyangahathn merupakan acara inti dari kegiatan naik dango yang mana Panyangahathn atau imam adat memanjatkan doa kepada Nek jabata agar dihapuskan segala dosa dosanya dan agar diberi hasil kesejahteraan pada hasil panen pada tahun mendatang.

4. Kunjungan Rumah Tetangga atau Kerabat

Setalah acara inti Nyangahathn peserta upacara membawa makanan atau kudapatan kepada kerabat dan juga tetangga untuk dinikmati bersama, penganan berupa poe atau salikat lemang atau pulut yang terbuat dari  beras ketan yang ditanak di dalam batang bambu, tumpi cucur campuran tepung terigu dan tepung beras yang diaduk dengan gula merah kemudian digoreng, Bontonkng berbahan baku beras) Bontonkng Sumuh dan yang berbahan dasar beras pulut ladang alias Bontonkng Poe.

Sejarah Naik Dango

Naik Dango merupakan mitos yang berkembang di Suku Dayak. Dikisahkan bahwa padi milik Jubata dicuri oleh burung pipit lalu kemudian padi tersebut jatuh pada Nek Jaek yang saat itu sedang memenggal.A hasil bukannya kepala yang dibawah pulang melainkan setangkai padi. Walhasil ia ditertawakan oleh sukunya.

Nek Jaek tidak gentar dan tetap mempertahankan padi yang ia dapatkan meski sukunya menetang hal tersebut, hingga akhirnya Nek Jaek diusir dari kampungnya. Dalam perjalannya ketika di usir dia bertemu dengan Jubata kemudian menikah dan melahirkan Ne Baruankn yang selalu turun ke Bumi untuk bermain gasing.

Ne Baruankn kemudian terpikat seorang gadis lalu menikah dengan "Talino" manusia kemudian ia mengenalkan padi kepada manusia sebagai makanan menggantikan Jamur. Dari situlah Jubata kemudian mengasihaninya dan menumbuhkan padi yang ditanam anaknya di bumi. Hal inilah yang kemudian mendasari upacara naik dango dilaksanakan selain rasa syukur, juga untuk memohon kebaikan hati Jubata agar diberi kesejahteraan.

3. Tradisi Robo Robo

tradisi robo robo

Robo Robo artinya rabu. Sesuai dengan namanya tradisi Robo robo adalah tradisi yang dilakukan pada hari rabu terkhir di Bulan Hijriah. Acara ini diperingati oleh etnis Bugis Kalimantan Barat dengan cara makan bersama di halaman rumah bersama keluarga dan kerabat.

Bagi anak sekolah, SD sampai dengan SMU juga turut merayakannya dengan acara makan makan di sekolah masing masing yang dilaksanakan pada rabu pagi.

Proses Robo Robo

Setelah selesai shalat duhur berjamaah, warga berbondong bondong ke sungai dengan menggunakan perahu dan dari atas perahu kemudian membuang beras kuning, bertih dan setanggi, sebagai bentuk rasa syukur dan pengakuan bahwa sumber kehidupan manusia berasal dari sungai dan laut.

Kemudian setelah itu dilanjutkan makan bersama di depan istana Amantubillah. Bagi warga yang tidak sempat hadir dapat memperingati acara ini dengan melakukannya di halaman rumah bersama keluarga.

Acara Robo Robo dalam perkembangannya masyarakat setempat menggelar hiburan tradisional seperti jepin, tundang atau pantun berdendang, dan lomba perahu bidar untuk lebih memeriahkan acara.

perahu bidar

Sejarah Robo Robo

Robo Robo sendiri bermula dari rentetan kejadian penting  bermula Haulan pada hari Senin malam Selasa terakhir bulan Syafar guna mengenang hari wafatnya Opu Daeng Danambun dalam perjalanan dari kerajaan Martapura ke kerajaan Mempawah (Pontianak). Dalam Perjalanannya Opu Daeng menggunakan perahu Bidar bersama 40 perahu iringan lain. Saat menyesir sungai warga Mempawa Pontianak menyambutnya dengan suka cita dengan menghias rumah dengan kertas warna warni.

COMMENTS

Nama

budaya,14,dunia,4,ekonomi,2,kecantikan,4,Kesehatan,6,nasional,12,news,23,olahraga,3,politik,1,ragam,5,selebriti,10,teknologi,3,unik,1,wawasan,1,wawasan kebangsaan,5,
ltr
item
Repoblik.id: Tradisi Kebudayaan Kalimantan Barat
Tradisi Kebudayaan Kalimantan Barat
https://4.bp.blogspot.com/-kU51G74L-LQ/WVCkGJxlL5I/AAAAAAAADIQ/RuJb3EWWyO8OnUR3aH1WJNmuxrflln5PgCLcBGAs/s640/kalimantan%2Bbarat.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-kU51G74L-LQ/WVCkGJxlL5I/AAAAAAAADIQ/RuJb3EWWyO8OnUR3aH1WJNmuxrflln5PgCLcBGAs/s72-c/kalimantan%2Bbarat.jpg
Repoblik.id
http://www.repoblik.id/2017/06/tradisi-kebudayaan-kalimantan-barat.html
http://www.repoblik.id/
http://www.repoblik.id/
http://www.repoblik.id/2017/06/tradisi-kebudayaan-kalimantan-barat.html
true
1354803081939024870
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy