Tradisi Kebudayaan Jambi

Repoblik.id-Budaya . Selain Bengkulu dan Gorontalo, Jambi juga merupakan Provinsi yang memiliki nama ibu kota sama dengan Nama Provinsinya...

jambi
Repoblik.id-Budaya. Selain Bengkulu dan Gorontalo, Jambi juga merupakan Provinsi yang memiliki nama ibu kota sama dengan Nama Provinsinya. Memiliki mayoritas penduduk muslim dan etnis melayu, Jambi menjadi provinsi dengan budaya kearifan lokal yang kental dan khas akan menjaga kelestarian alammnya. Berikut Tradisi Kebudayaan Jambi.

1. Lubuk Larangan dan Mencakau Ikan

lubuk larangan

Lubuk Larangan merupakan Tradisi Masyarakat Jambi, khususnya pada daerah pinggiran sungai Subayang Kabupaten Kampar yang mematok daerah larangan mengambil ikan di sungai.

Masyarakat Jambi percaya bahwa orang yang mengambil ikan pada daerah Lubuk larangan akan ditimpah musibah dan berbagai kesialan, mitos ini terus dikembangkan sehingga menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat agar patuh pada aturan tersebut.

Daerah lubuk larangan ditandai dengan sebuat tali yang dibentangkan pada permukaan sungai sebagai daerah yang tidak diperbolehkan menangkap ikan, adapun di luar dari tersebut diperbolehkan, namun menggunakan alat yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu ekosistem sungai

Selengkapnya di "Lubuk Larangan" Tradisi Menjaga Ekosistem Sungai, Kota Jambi

2. Tradisi Lukah Gilo

lukah gilo

Mirip dengan tradisi Bambu Gila, yaitu sebuah bambu yang menggila karena dirasuki oleh Roh, Lukah Gilo juga sama, hanya saja wadah yang digunakan ialah "Lukah" yaitu sebuah alat tangkap ikan yang terbuat dari Rotan (sejenis bubu).

Menggunakan pakaian serba hitam sambil diiringi musik seorang pemimpin adat yang disebut Kulipah bertugas untuk memanggil roh ke dalam luka yang sudah siap dipegang oleh beberapa orang pemuda.

Tradisi yang kerap dilaksanakan pada malam hari ini menjadi tontonan menarik dan juga sebagai aset budaya untuk menarik wisatawan.

Lebih Lanjut Mengenal Tradisi "Lukah Gilo" Jambi

3. Melangun

melangun

Melangun merupakan Tradisi menangisi dan meratap sekeras kerasnya pada orang yang sudah meninggal, tidak jarang pula orang yang ditinggalkan mengungkapkan perasaan sedihnya sambil menghempaskan badannya ke tanah.

Tradisi ini kerap dilakukan oleh Suku Anak Dalam pada daerah Hutan Jambi. Suku Anak Dalam merupakan masyarakat primitif yang hidupnya terkait dengan alam dan hidup dengan cara berburuh.

Suku Anak Dalam (SAD) identik dengan pakaian yang minim, tampilan urakan dan bau yang kurang sedap dan sesekali keluar dari hutan dan meminta sedeka kepada warga sekitar.

Meski hitam di antara keramaian kota, Suku Anak Dalam tetap menjaga eksistensinya dengan mempertahankan tradisi mereka tersendiri sebagai bentuk eksistensi keberadaan mereka.

Selengkapnya mengenai Suku Anak Dalam Tradisi Suku Anak Dalam Jambi

4. Mandi Betangas

mandi betangas

Mandi Betangas adalah Mandi dengan menggunakan uap rempah rempah. Betangas biasanya dilakukan bagi pasangan pengantin laki maupun perempuan. Biasanya tradisi ini dilakukan saat 3 hari menjelang hari pernikahan.

Betangas bertujuan untuk menghilangkan bau badan atau bau keringat pada calon pengantin, agar wangi saat akan hidup bersama dengan orang lain.

Meski sudah sulit ditemui cara betangas di tradisional, namun Betangas dengan cara tradisional lebih dicari karena dipercaya lebih mujarab dalam menghilangkan bau badan karena rempah rempah yang digunakan lebih meresap ke dalam tubuh.

Lebih Lanjut mengenai Betangas Mengenal "Betangas" Tradisi Mandi Uap Tradisional Jambi

COMMENTS

Nama

budaya,14,dunia,4,ekonomi,2,kecantikan,4,Kesehatan,6,nasional,12,news,23,olahraga,3,politik,1,ragam,5,selebriti,10,teknologi,3,unik,1,wawasan,1,wawasan kebangsaan,5,
ltr
item
Repoblik.id: Tradisi Kebudayaan Jambi
Tradisi Kebudayaan Jambi
https://4.bp.blogspot.com/-oSmuIx-Tc3Q/WVURZKgYnKI/AAAAAAAADL8/jDjqsZelbecxHOyryIWkuq202AV6vwG0gCLcBGAs/s640/jambi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-oSmuIx-Tc3Q/WVURZKgYnKI/AAAAAAAADL8/jDjqsZelbecxHOyryIWkuq202AV6vwG0gCLcBGAs/s72-c/jambi.jpg
Repoblik.id
http://www.repoblik.id/2017/12/tradisi-kebudayaan-jambi.html
http://www.repoblik.id/
http://www.repoblik.id/
http://www.repoblik.id/2017/12/tradisi-kebudayaan-jambi.html
true
1354803081939024870
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy